Industri BPR-BPRS jadi Mitra Strategis Pelaku UMKM

Industri BPR-BPRS jadi Mitra Strategis Pelaku UMKM
Hari BPR-BPRS Nasional. Foto Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - BPR – BPRS merupakan industri yang tangguh dalam menghadapi gelombang apapun. Industri BPR sejak berdiri dan bermunculan pada 1988, telah menghadapi pasang surut dari kehidupan industri keuangan di Indonesia.

"Industri BPR – BPRS telah melayani masyarakat Indonesia selama hampir 30 tahun dan masih tetap tumbuh, eksis serta menjadi mitra strategis pelaku UMKM," ujar Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto saat bicara terkait hari BPR-BPRS Nasional, Senin, (21/5).

Dijelaskan bahwa kinerja Industri BPR sampai dengan Maret 2018 masih sangat baik, aset Industri BPR mencapai Rp 127 triliun atau tumbuh 11,02 persen dibandingkan posisi tahun lalu, kredit yang disalurkan mencapai Rp 91 triliun atau tumbuh 8,67 persen.

"Fungsi intermediasi lainnya juga dapat dijalankan dengan baik yaitu penghimpunan dana, hal ini terlihat dari tabungan yang tumbuh sebesar 14,40% dan deposito tumbuh sebesar 10,73% dibandingkan setahun yang lalu, tabungan BPR Maret 2018 mencapai Rp 26 triliun, sedangkan deposio mencapai Rp 59 triliun," paparnya

Selain itu, lanjut dia, hal yang menggembirakan jumlah nasabah yang dilayani mencapai 15 juta rekening, nasabah tersebut didominasi oleh penabung sebanyak 11,2 juta rekening dan rata – rata jumlah tabungannya sebesar Rp 2 juta.

Sedangkan nasabah debitur sebanyak 3,2 juta rekening dan rata – rata pinjamannya adalah Rp 27 juta.

"Hal ini tentunya mencerminkan, Industri BPR – BPRS memang hadir untuk melayani masyarakat kecil dan pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia," ujar dia.

Dia juga menjelaskan bahwa Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) telah berperan aktif dalam menunjang pertumbuhan industri BPR – BPRS, yang memiliki 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan 48 Dewan Pengurus Komisariat (DPK), dengan jumlah anggota sebanyak 1.634 BPR – BPRS yang kepemilikannya 100% Indonesia.

Industri BPR – BPRS telah melayani masyarakat Indonesia selama hampir 30 tahun dan sampai saat ini masih terus eksis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News