JPNN.com

Ini 10 Jenis Gangguan Tidur Paling Umum Terjadi

Selasa, 16 April 2019 – 22:06 WIB Ini 10 Jenis Gangguan Tidur Paling Umum Terjadi - JPNN.com

jpnn.com - Tidur malam adalah waktu berharga untuk mengistirahakan fisik sekaligus pikiran setelah seharian beraktivitas. Karena itu, tidur yang berkualitas akan sangat mendukung kebugaran tubuh keesokan hari.

Namun, tak jarang gangguan tidur juga bisa menyerang Anda di malam hari.

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, gangguan tidur adalah suatu kumpulan kondisi yang memengaruhi jumlah, kualitas, atau waktu tidur. Seseorang dengan gangguan tidur dapat mengeluh kesulitan untuk memulai waktu tidur dan/atau mempertahankan tidur.

"Untuk menentukan diagnosis apakah seseorang mengalami gangguan tidur, gejala harus bertahan setidaknya satu bulan," ujar dr. Devia Irine.

Gangguan tidur tentu bisa dialami oleh siapa saja. Dan macamnya pun beragam. Berikut beberapa gangguan tidur yang perlu Anda ketahui.

1. Mendengkur dan sleep apnea

Banyak orang mendengkur saat tidur. Meski kerap dianggap bukan masalah, mendengkur tetaplah gangguan tidur. Sementara itu, ada yang lebih serius dibanding mendengkur, yakni sleep apnea.

Apnea tidur adalah kondisi medis kronis saat orang berulang kali berhenti bernapas saat tidur. Ini bisa berlangsung 10 detik atau lebih dan menyebabkan kadar oksigen dalam darah turun atau membuat Anda terbangun dari tidur.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...