Senin, 22 Oktober 2018 – 02:54 WIB

Ini Alasan PKB Rayakan Hari Santri pada 30 September

Rabu, 26 September 2018 – 23:40 WIB
Ini Alasan PKB Rayakan Hari Santri pada 30 September - JPNN.COM

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Wakil Sekjen DPP PKB Jazilul Fawaid membenarkan, rangkaian peringatan Hari Santri Nasional yang digelar PKB akan dimulai Minggu (30/9) mendatang, bertepatan dengan peringatan peristiwa Gerakan 30 September/PKI.

Namun, Jazil -panggilan akrab Jazilul- membantah jika kegiatan yang diawali dengan 'jalan santai' di Monas, Jakarta tersebut, berkaitan dengan PKI.

Dia menyatakan, pelaksanaan jalan santai dengan mengenakan sarung nantinya, hanya momentum meneguhkan komitmen para santri menyatukan negeri. Agar peristiwa 30 September 1965 yang mengakibatkan konflik horizontal, tak sampai terulang kembali.

"Kenapa 30 September, ini mengingatkan PKI bagian yang harus diantisipasi. Selain itu, 30 September juga bertepatan dengan hari Minggu," ujar Jazil di DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Kamis (26/9).

Jazil juga mengakui, peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober mendatang, bertepatan dengan pelaksanaan kampanye tahun politik, Pemilu 2019.

Karena itu, agar tidak menimbulkan kecurigaan PKB memanfaatkan momentum tersebut untuk kepentingan politik, panitia bakal membentuk aliansi dengan berbagai ormas dan parpol lain.

"Kami tak mengklaim acara ini hanya milik PKB. Kami hanya berkhidmat bahwa hari santri harus meriah dan diisi dengan kreativitas para santri," pungkas Jazil.(gir/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar