Ini Bukti Nyata Kuatnya Pengaruh Prabowo Subianto

Ini Bukti Nyata Kuatnya Pengaruh Prabowo Subianto
.

jpnn.com, PAYAKUMBUH - Perolehan suara sejumlah partai politik peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Payakumbuh, Sumbar, mengalami penurunan. Antara lain Partai Golkar, PPP, NasDem, PAN, PDIP, Hanura, dan PBB.

Perkiraan ini mencuat berdasarkan hasil hitung suara Pileg 2019 wilayah Kota Payakumbuh yang tersaji di situs resmi KPU RI, Senin sore (29/4).

Dalam data yang tersaji di website resmi lembaga penyelenggara Pemilu itu, Partai Golkar hanya mampu meraup 6.889 suara di tiga Daerah Pemilihan (Dapil) yang terdapat di Kota Payakumbuh. Padahal, pada Pemilu 2014 lalu, partai berlambang pohon beringin ini mampu meraih 8.008 suara.

Tidak hanya kehilangan 1.119 suara, Partai Golkar juga hampir dipastikan bakal kehilangan kursi ketua DPRD Payakumbuh periode 2019-2024. Sebab, pada Pemilu 2019 Partai Golkar hanya berada pada peringkat keempat, setelah Demokrat, Gerindra, dan PKS.

Kondisi ini diakui oleh Ketua Partai Golkar Payakumbuh Yendri Bodra Dt Parmato Alam. "Iya, berdasarkan hitungan internal kita yang mengacu kepada form C1, suara Partai Golkar dalam Pemilu 2019 di Payakumbuh, memang turun dibandingkan dengan Pemilu 2014. Lima tahun lalu, kita peringkat satu. Kini, turun ke peringkat empat. Inilah yang disebut, sakali aia gadang, sakali tapian barubah," kata Parmato Alam saat dihubungi Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Tiga Artis Caleg dari PKB Berpeluang Besar Lolos ke Senayan

Parmato Alam meyakini, anjloknya suara Partai Golkar dalam pemilihan DPRD Payakumbuh, ikut dipengaruhi coat-tail effect atau efek ekor jas dari Pemilihan Presiden 2019. Terutama efek ekor jas dari pencalonan Prabowo Subianto yang punya basis massa kuat di Sumbar, khususnya lagi di Payakumbuh.

"Kami yakin, ini memang pengaruh dari dari Prabowo Effect, karena Prabowo di Sumbar, sangat signifikan. Ini berdampak tidak hanya ke Golkar saja, tapi juga ke partai-partai lain pengusung capres-cawapres 01. Ado pengaruh luar biasa yang terjadi. Tapi tidak apa. Kami tetap yakin, sakali aia gadang, sakali tapian barubah," kata Parmato Alam yang masih menjabat sebagai ketua DPRD Payakumbuh.

Perolehan suara Partai Golkar, PPP, NasDem, PAN, PDIP, Hanura, dan PBB, pada Pemilu 2019 di DPRD Payakumbuh diperkirakan turun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News