Ini Cara Menteri Jonan agar Pemudik tak Naik Motor

Ini Cara Menteri Jonan agar Pemudik tak Naik Motor
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat mengecek kesiapan Stasiun Kereta Api untuk mudik Lebaran. Foto: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendorong perusahaan-perusahaan menggelar angkutan mudik gratis. Pasalnya, menurut Jonan, hal itu merupakan bagian dari upaya mencegah pemudik pulang kampung menggunakan sepeda motor.

Ke depan, Jonan berharap perusahaan yang mengadakan mudik gratis juga bisa bekerjasama menggandeng tempat penyewaan sepeda motor di tempat tujuan pemudik. Ini agar pemudik tetap punya alat transportasi saat sudah berada di kampung halaman.

"Banyak perusahaan yang mengadakan mudik gratis. Seperti Astra, Sido Muncul dan Jasa Raharja. Saya usul kalau bisa ini satu paket dengan adanya kerjasama dengan penyewaan motor di tempat tujuan," ungkap Jonan di Senayan, Jakarta, Sabtu (11/7).

Dengan cara tersebut, mantan dirut KAI ini yakin pemudik enggan membawa motor pribadinya pulang kampung dan lebih memilih untuk menyewa agar lebih efisien. Cara tersebut juga sebagai siasat untuk menekan terjadinya jumlah kecelakaan saat mudik, yang selalu didominasi oleh kendaraan roda dua.   

"Tadi saya tanya ke penumpang, kalau di sana mau nggak ada sewa motor Rp 150 ribu? Daripada naik angkot. Itu supaya motornya juga nggak dibawa ke sana ke sini," kata Jonan. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendorong perusahaan-perusahaan menggelar angkutan mudik gratis. Pasalnya, menurut Jonan, hal itu merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News