Harapkan Pansel Capim KPK Patahkan Kecurigaan Bakal Loloskan Pilihan Istana

Harapkan Pansel Capim KPK Patahkan Kecurigaan Bakal Loloskan Pilihan Istana
Harapkan Pansel Capim KPK Patahkan Kecurigaan Bakal Loloskan Pilihan Istana

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengaku tetap optimistis posisi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal diisi oleh orang-orang yang terbaik. Optimisme itu didasari pada nama-nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi.

Menurutnya, optimisme diperlukan karena merupakan pertemuan antara harapan dan semangat pemberantasan korupsi. "Menanggapi nama-nama itu dengan pesimisme, sama saja akan menghilangkan harapan dan semangat pemberantasan korupsi," kata Aboebakar, Sabtu (11/7).

Meski demikian politikus PKS itu mengaku menangkap kekhawatiran publik jika yang terpilih jadi komisioner KPK nanti adalah orang-orang pilihan Presiden Joko Widodo. “Memang yang saya dengar di obrolan warung kopi ketika turun ke dapil, banyak prediksi yang akan duduk di sana adalah the president’s men,” katanya.

Aboe -sapaan Aboebakar menambahkan-  sulit mengesampingkan fakta bahwa format pengisian jabatan selama ini merupakan wujud bagi-bagi kekuasaan. Karenanya publik sudah meraba nantinya yang akan menjadi pimpinan KPK adalah orang dari sekitar istana yang bisa dikendalikan penguasa.  "Namun, itu semua hanyalah obrolan warung kopi," katanya.

Karenanya Aboe menyatakan, justru saat ini merupakan kesempatan bagi para anggota panitia seleksi capim KPK untuk membuktikan bahwa kecurigaan itu tidak benar. Caranya adalah melakukan proses seleksi secara transparan, akuntabel dan imparsial sehingga terpilih capim KPK  yang kredibel, bebas dari pengaruh politik dan tidak memiliki beban kelam di masa lalu.

"Inilah kesempatan emas para pansel KPK untuk membuktikan kredibilitasnya di depan masyarakat Indonesia," pungkasnya.(boy/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy mengaku tetap optimistis posisi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal diisi oleh orang-orang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News