Menteri Jonan Yakin Arus Mudik Lebih Baik dibanding Tahun Lalu

Menteri Jonan Yakin Arus Mudik Lebih Baik dibanding Tahun Lalu
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meyakini arus mudik kali ini lebih baik kondisinya dibanding tahun lalu. Keyakinan tersebut Jonan katakan berdasarkan jumlah moda transportasi yang dirasa lebih merata digunakan oleh pemudik.

"Ya jelas membaik dibanding tahun lalu, saya kira tahun ini lebih merata, tapi belum besar," ujar Jonan usai melepas para pemudik gratis di Senayan, Jakarta, Sabtu (11/7).

Di samping itu, pihaknya juga telah membentuk posko tingkat nasional angkutan lebaran terpadu 2015, yang tersebar di beberapa titik arus mudik. Di mana pemantauan dilakukan secara bergantian atau shifting.

Sementara untuk arus mudik sampai H-7 menurut Jonan, masih didominasi oleh pesawat terbang dan kereta api. Sedangkan untuk moda kapal laut masih terbilang kecil. Di mana pemudik yang menggunakan pesawat ada 1,8 juta, sedangkan kereta api 1,4 juta penumpang.

"Itu jumlah penumpang sampai kemarin sore. Kalau angkutan darat dengan bus 1,2 juta, laut masih kecil kira-kira masih 300 ribu lebih, kalau penyebrangan hampir 700 ribu lebih," papar mantan dirut KAI ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meyakini arus mudik kali ini lebih baik kondisinya dibanding tahun lalu. Keyakinan tersebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News