Ini Makna Batik yang Dipakai Bu Iriana saat Jokowi Dilantik

Ini Makna Batik yang Dipakai Bu Iriana saat Jokowi Dilantik
Iriana Jokowi (tengah), Mufidah Jusuf Kalla (kanan), Wuri Estu Handayani Ma’uf Amin berfoto bersama sebelum mengikuti upacara pelantikan presiden dan wapres, Minggu (20/10/2019). Foto: ANTARA /Sigid Kurniawan/aww

jpnn.com, JAKARTA - Penampilan Iriana Joko Widodo saat mendampingi Jokowi dilantik menjadi Presiden RI, menjadi perhatian warganet.

Iriana yang mengenakan tunik tunik lace floral berwarna putih dipadu batik bermotif ‘tambal pamiluto’.

Rupanya, kain batik tersebut memiliki makna dan filosofi mendalam di baliknya.

Menurut Diana Santoso dari Yayasan Batik Indonesia, motif batik asal Mangkunegara, Surakarta itu memiliki makna "memikat", dan merupakan penyatuan dari motif batik lainnya menjadi satu.

"Jadi batik motif 'tambal pamiluto' ini maknanya cukup bagus. Karena dasarnya, motif ini menyatukan berbagai macam motif di dalam satu motif ragam hias," kata Diana seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/10).

"Jadi seakan beliau ingin menunjukkan keberagaman yang dihadirkan dan dijadikan satu melalui motif ini, dan sangat cantik ketika dilihat," lanjutnya.

Diana menambahkan, corak tambal pamiluto ini menggabungkan motif lainnya seperti motif batik parang dan lainnya. Ia menilai, Iriana Jokowi memiliki pilihan yang bagus untuk menunjukkan keberagaman melalui kain batiknya.

"Motif tambal itu bermacam-macam. Dipadukan dengan kebaya putih, beliau juga terlihat bersih dan gagah, serta batiknya pun sangat menonjol. Dan bagaimana seorang pemimpin dapat merajut keberagaman sangat terlihat," ujarnya. (antara/jpnn)

Iriana mengenakan tunik lace floral putih dipadu batik bermotif ‘tambal pamiluto’ saat mendampingi Jokowi dilantik menjadi Presiden RI.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News