Ini Sungai Cileueur Ciamis, Lokasi yang Menewaskan 11 Siswa

Ini Sungai Cileueur Ciamis, Lokasi yang Menewaskan 11 Siswa
Aliran Sungai Cileueur yang menjadi lokasi susur sungai dan menyebabkan 11 siswa MTs meninggal dunia karena tenggelam. Foto: diambil dari Radar Cirebon

jpnn.com, CIAMIS - Sebanyak sebelas siswa MTs Harapan Baru meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Cileueur, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Para siswa hanyut saat mengikuti kegiatan susur sungai yang diadakan pihak sekolah.

Sungai Cileueur merupakan bagian dari DAS Citanduy, dan bagian hulu berada di Pegunungan Sawal. Kemudian bermuara ke Sungai Cimuntur.

Kontur tanah di sepanjang daerah aliran memiliki banyak tebing dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Sungai ini dikenal memiliki arus deras. Di beberapa blok bahkan disediakan wisata berbasis air. Salah satunya river tubing tepatnya di Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya.

Bahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis juga tengah membangun fasilitas wisata di daerah aliran sungai ini. Dengan anggaran mencapai Rp12 miliar bersumber dari APBN.

Dalam konsep pembangunan (site plan), selain ada jogging track, tempat wisata itu juga akan difasilitasi taman atau ruang terbuka publik. Lokasi yang digarap pemkab ini berada di kawasan Maleber.

Sedangkan kecelakaan yang menimpa siswa MTs Harapan Baru berada di Leuwi Ili Dusun Wetan RT 01/01, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing.

Kegiatan susur sungai yang diadakan sekolah MTs Harapan Baru di Sungai Cileueur, Ciamis, berubah menjadi petaka. Sebelas siswa tewas tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News