Inilah Alasan Politisi Demokrat sebut Jokowi Salah Pilih Rizal Ramli

Inilah Alasan Politisi Demokrat sebut Jokowi Salah Pilih Rizal Ramli
Didi Irawadi Syamsudin. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana menilai tujuan Presiden Joko Widodo merekrut Rizal Ramli adalah untuk mengkritisi kinerja pemerintah dari dalam. Dia mengibaratkan Menko Kemaritiman itu sebagai harimau yang dimasukan presiden ke dalam kabinet.

Namun juru bicara Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin tidak setuju dengan analisa Tjipta Lesmana itu. Menurutnya, akan kontraproduktif bagi kinerja pemerintahan jika presiden sengaja melakukan hal tersebut.

"Kalau caranya seperti itu apa bagus buat pemerintahan. Harimau itu bahaya loh, digigit sekali tewas langsung. Kalau mau, mungkin lebih baik kucing," kata Didi saat jadi pembicara dalam diskusi bertajuk "Kabinet Ribet Ekonomi Mampet" di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/8).

Didi menilai, ulah Rizal Ramli yang mengkritisi Wakil Presiden Jusuf Kalla secara terbuka sama sekali tidak bisa dibenarkan. Apalagi Rizal kemudian malah menantang atasannya itu berdebat di muka umum.

Menurutnya, sikap Rizal itu menunjukan bahwa Jokowi telah salah dalam memilih pembantu. Pasalnya, alih-alih membawa perbaikan, Rizal malah menimbulkan kegaduhan.

"Di sistem ketatanegaraan manapun kritik itu ada mekanismenya. Bukan dengan memasukan binatang buas seperti itu. Tapi kalau gaduh memang dianggap sebagai hal yang baik ya kita lihat saja nanti," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Tjipta Lesmana menilai tujuan Presiden Joko Widodo merekrut Rizal Ramli adalah untuk mengkritisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News