Selasa, 25 Juni 2019 – 18:42 WIB

Inilah Isu Primadona dalam Debat Kedua Capres

Jumat, 15 Februari 2019 – 13:04 WIB
Inilah Isu Primadona dalam Debat Kedua Capres - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai ‎isu pangan akan menjadi primadona dalam debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). ‎

Debat kedua Pilpres 2019 itu sendiri akan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Menurut Ujang, isu pangan menjadi salah satu bahan menyerang kubu oposisi terhadap petahana.“Isu pangan menjadi eksentrik dan menarik karena selama ini kubu oposisi selalu menyerang petahana dengan isu pangan. Misalnya terkait dengan impor,” ujar Ujang, Jumat (15/2).

Ujang menuturkan setiap negara pasti melakukan impor. Dalam konteks pangan, impor dibolehkan demi menjaga stabilitas harga. Sebab, stabilitas harga pangan merupakan gambaran untuk menilai stabilitas sebuah negara.

(Baca: Kalau Tensi Meningkat, Jokowi Bisa Ofensif)


Grafis: Ardissa Barack

“Harga pangan harus diatur negara. Negara harus hadir. Pemerintah ikut mengatur agar harga pangan stabil dan agar harga tidak dimainkan oleh mafia pangan,” ujarnya.

Di sisi lain, Ujang menyampaikan isu ketahanan pangan juga bakal menjadi primadona dalam debat. Sebab, ketahanan pangan merupakan indikator utama kejayaan negara atas negara lain.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar