Inilah Isu Primadona dalam Debat Kedua Capres

Inilah Isu Primadona dalam Debat Kedua Capres
Debat kedua capres, Jokowi vs Prabowo. Grafis: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai ‎isu pangan akan menjadi primadona dalam debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). ‎

Debat kedua Pilpres 2019 itu sendiri akan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Menurut Ujang, isu pangan menjadi salah satu bahan menyerang kubu oposisi terhadap petahana.“Isu pangan menjadi eksentrik dan menarik karena selama ini kubu oposisi selalu menyerang petahana dengan isu pangan. Misalnya terkait dengan impor,” ujar Ujang, Jumat (15/2).

Ujang menuturkan setiap negara pasti melakukan impor. Dalam konteks pangan, impor dibolehkan demi menjaga stabilitas harga. Sebab, stabilitas harga pangan merupakan gambaran untuk menilai stabilitas sebuah negara.

(Baca: Kalau Tensi Meningkat, Jokowi Bisa Ofensif)

Inilah Isu Primadona dalam Debat Kedua Capres
Grafis: Ardissa Barack

“Harga pangan harus diatur negara. Negara harus hadir. Pemerintah ikut mengatur agar harga pangan stabil dan agar harga tidak dimainkan oleh mafia pangan,” ujarnya.

Di sisi lain, Ujang menyampaikan isu ketahanan pangan juga bakal menjadi primadona dalam debat. Sebab, ketahanan pangan merupakan indikator utama kejayaan negara atas negara lain.

Debat kedua capres Jokowi vs Prabowo akan digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu 17 Februari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News