Selasa, 25 September 2018 – 16:45 WIB

Inspirasi Wayang di Panggung Paris Fashion Week

Jumat, 14 September 2018 – 15:19 WIB
Inspirasi Wayang di Panggung Paris Fashion Week - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Inspirasi wayang kulit bakal dibawa oleh desainer asal Surabaya Melia Wijaya ke panggung Paris Fashion Week 2018 akhir September mendatang.

"Saya ingin lebih mengenalkan kebudayaan Indonesia di kancah internasional," ujar Melia saat menjalani syuting dan photo shoot teaser di Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya kemarin. Untuk memperkuat nilai karyanya, sejumlah wayang dimainkan dalang sebagai pelengkap.

Menurut dia, wayang kulit dipilih karena merupakan budaya Indonesia yang sudah dikenal dan diakui Unesco. Selain itu, kesenian tersebut cukup populer di kalangan masyarakat Jawa. Itu pulalah yang membuatnya memilih panggung ludruk untuk membuat teaser kali ini. "Kemarin sempat diskusi dengan tim kami dan sepakat harus ada unsur Surabaya juga. Makanya dipilih di sini," tambahnya. 

Dari banyaknya kisah wayang kulit, Melia mengambil tokoh dari kisah Mahabharata. Di antaranya, Arjuna, Nakula, Sadewa, serta Gunungan. Tokoh-tokoh tersebut dituangkan dalam bentuk printing yang kemudian dibordir tiga dimensi. "Ini salah satu kesulitan dalam membuat koleksi kali ini. Bagaimana menonjolkan wayang tersebut agar terlihat eksklusif dan eksotis," jelas Melia. 

Detail siluet wayang tersebut di-print. Setelah itu, dibordir dan di-quilting (menjahit dan menyatukan potongan-potongan kain untuk menciptakan motif). Hal tersebut bertujuan agar lebih bervolume serta siluet menjadi lebih hidup.

Menggunakan warna primer merah, hitam dan cokelat, alumnus sekolah desain Esmod Paris, Prancis, itu membawakan gaun untuk cocktail party. (dwi/c6/eko) 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar