Investasi Bodong Robot Trading ATG, Ternyata Begini Modus Culas Wahyu Kenzo, Oalah

Investasi Bodong Robot Trading ATG, Ternyata Begini Modus Culas Wahyu Kenzo, Oalah
Sejumlah kendaraan mewah milik tersangka kasus investasi robot trading Wahyu Kenzo yang disita oleh Polresta Malang Kota, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (10/3/2023). ANTARA/Vicki Febrianto

jpnn.com, MALANG - Polisi mengungkap modus culas tersangka Wahyu Kenzo dalam menjalankan investasi bodong robot trading Auto Trade Gold (ATG) sehingga para korban penipuan itu mengalami kerugian hingga Rp 9 triliun.

Menurut Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto, modus penipuan yang dilakukan Wahyu Kenzo Cs mirip skema ponzi.

Investasi Bodong Robot Trading ATG, Ternyata Begini Modus Culas Wahyu Kenzo, OalahKapolresta Malang Kota Kombes Polisi Budi Hermanto (tengah) menunjukkan barang bukti dalam kasus investasi robot trading Auto Trade Gold (ATG) di Mapolresta Malang Kota, Jawa Timur, Kamis (16/3/2023). ANTARA/Vicki Febrianto

"Lebih kurang seperti ponzi. Mereka menyampaikan bahwa uang yang didepositokan itu akan dikelola di luar negeri, namun ternyata bukan seperti itu," ujar Budi di Malang, Kamis (16/3).

Dia lantas menjelaskan modus penipuan itu dalam skema yang dipermudah, seperti saat seseorang akan melakukan penarikan uang pada anjungan tunai mandiri (ATM), penarik akan menerima uang secara tunai.

Namun, pada robot trading ATG, keuntungan member hanya tertera pada layar dan tidak bisa dilakukan penarikan tunai karena itu hanya sebatas angka yang tertera pada layar.

"Misalnya, korban melakukan deposit Rp 100 juta dan kemudian menjadi Rp 1,5 miliar, tetapi itu tidak bisa dicairkan. Hal ini yang membuat masyarakat masih merasa bahwa robot trading ATG memberikan dampak dan hasil yang besar," ujar dia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Bayu Febrianto Prayoga menjelaskan sebelum melakukan investasi pada ATG, para korban harus membeli produk minuman nutrisi untuk mendapatkan voucher.

Ternyata beginilah modus culas Wahyu Kenzo bersama Raymond Enovan di investasi bodong robot trading ATG. Kerugian para korban mencapai Rp 9 triliun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News