Jadwal Obama Masih Tunggu Rilis Gedung Putih

Jadwal Obama Masih Tunggu Rilis Gedung Putih
Retno LP Marsudi. Foto: Deplu.go.id.
JAKARTA - Kendati sibuk-sibuk di Jakarta khususnya - termasuk di kawasan Menteng yang disebutkan bakal disinggahi - terkait kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia bulan ini sudah berjalan beberapa lama dengan berita yang sudah kemana-mana, nyatanya belum ada satu pihak pun yang bisa memastikan jadwal dan agenda kunjungan tersebut. Termasuk di antaranya dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

"Kita belum tahu jadwalnya. Masih menunggu pengumuman resmi dari Gedung Putih. Ya, bisa saja sekitar seminggu, atau beberapa hari sebelumnya. Yang jelas kalau pemberitahuan (rilis) resmi yang pertama - yang menyebutkan adanya kunjungan - kan sudah," ungkap Direktur Jenderal Amerika dan Eropa (Dirjen Amerop) Kemlu RI, Retno LP Marsudi, saat ditanya wartawan soal kabar terakhir kunjungan pemimpin negara besar dunia tersebut, Selasa (9/3) siang.

Retno pun mengungkapkan hal yang sama soal rencana agenda, atau program dari kunjungan tersebut, yang disebutkannya masih harus menunggu hasil pembicaraan lebih lanjut. "Belum konfirm semua. Lagipula saya dalam hal ini (terkait agenda), tidak dalam kapasitas untuk menyampaikannya," ujarnya, sambil menambahkan bahwa sepengetahuannya, dalam minggu depan akan ada tim advance dari rombongan Obama yang bakal datang lebih dulu ke Indonesia.

Retno hanya bisa menyampaikan, bahwa yang pasti dalam kunjungan yang bersifat bilateral kenegaraan seperti itu, akan ada banyak sekali agenda pembicaraan antara kedua negara. Ia pun menyebutkan, yang pasti akan ada deklarasi (bersama) dari kedua pemimpin negara. Dalam hal ini, unsur pemerintah RI sendiri (termasuk Kemlu) katanya, tidak hanya bekerja menyiapkan apa yang menjadi prioritas dan target (pembicaraan atau kesepakatan), namun juga siap dengan plan of action untuk setiap kerjasama yang akan disepakati. "Baik itu di bidang politik, ekonomi, pendidikan dan sebagainya," ucapnya pula. (ito/jpnn)

JAKARTA - Kendati sibuk-sibuk di Jakarta khususnya - termasuk di kawasan Menteng yang disebutkan bakal disinggahi - terkait kunjungan Presiden AS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News