Jalur Distribusi Vaksin Covid-19 Disiapkan Hingga ke Pelosok

Jalur Distribusi Vaksin Covid-19 Disiapkan Hingga ke Pelosok
Suntik Vaksin. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus menyiapkan skenario jalur distribusi vaksin Covid-19 dari perkotaan hingga pelosok desa Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga terus melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, masyarakat berangsur-angsur memahami akan pentingnya mendapatkan vaksin untuk mencegah tertular Covid-19.

Hal ini berdasarkan survei bersama yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, ITAGI, WHO dan Unicef pada periode 19-30 September 2020.

Survei dilakukan terhadap 115 ribu pada 34 provinsi yang mencakup 508 atau 99 persen dari total 514 kabupaten atau kota.

"Menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia telah mendengar tentang vaksin, dan bersedia, menerima untuk divaksinasi Covid-19," jelas Reisa dalam dialog Jalan Panjang Vaksin ke Tubuh Kita, Jumat (20/11).

Untuk itu pemerintah saat ini sedang memastikan aspek keamanan dan kehalalan vaksin Covid-19 dengan melakukan uji klinis fase 3.

Juga, tim gabungan yang terdiri dari berbagai kementerian atau lembaga telah dikirim ke berbagai negara produsen untuk memastikan aspek tersebut.

Pemerintah terus menyiapkan skenario jalur distribusi vaksin Covid-19 dari perkotaan hingga pelosok desa Indonesia. Indonesia dinilai punya pengalaman yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News