Jalur Penerbangan Mulai Pulih

Jalur Penerbangan Mulai Pulih
Jalur Penerbangan Mulai Pulih

jpnn.com - JAKARTA – Sejumlah rute penerbangan yang sempat dihentikan akibat letusan Gunung Kelud berangsur pulih. Empat bandara beroperasi lagi kemarin (15/2) dan menyusul satu bandara hari ini.

”Dari tadi pagi (kemarin) sudah tiga bandara dibuka. Malang, Semarang, dan Cilacap,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang S. Ervan kepada Jawa Pos tadi malam.

Setelah itu, pada pukul 18.00 kemarin, giliran Bandara Juanda Surabaya kembali beroperasi. ”Semua bandara yang sudah dibuka berarti sudah dinyatakan layak dan pastinya sudah melewati pengecekan,” katanya.

Pagi ini Bandara Husein Sastranegara Bandung akan kembali dibuka. Meski begitu, pembukaan bandara tidak serta-merta berimplikasi terhadap normalnya kembali jadwal penerbangan. ”Soal penerbangan itu kembali ke maskapai masing-masing karena mereka juga butuh persiapan dan pengecekan armada,” ucapnya.

Hujan abu Gunung Kelud pada Jumat lalu (14/2) memaksa tujuh bandara ditutup. Yakni, Juanda (Surabaya), Adi Soemarmo (Solo), Ahmad Yani (Semarang), Adisutjipto (Jogjakarta), Tunggul Wulung (Cilacap), Abdulrachman Saleh (Malang), dan Husein Sastranegara (Bandung). Akibat penutupan itu, 586 penerbangan dibatalkan.

”Sekarang kondisi ruang udara untuk penerbangan sudah tidak terpengaruh lagi oleh debu. Tapi, bandara Solo, Jogja, dan Bandung sampai sekarang masih tutup. Menunggu persiapan mereka,” kata Bambang.

Vice President Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, pihaknya mulai mengoperasikan kembali beberapa rute penerbangan kemarin. Di antaranya, tujuan Jakarta–Semarang sebanyak lima penerbangan dan Semarang–Jakarta empat penerbangan. ”Besok (hari ini, Red) kita mulai kembali penerbangan ke Surabaya, Malang, dan Bandung,” ungkapnya kepada Jawa Pos.

Khusus rute penerbangan Jakarta–Surabaya dan sebaliknya, Garuda berencana mengoperasikan pesawat berbadan besar Boeing 747-400. Hal itu mengantisipasi penumpukan penumpang. ’’Biasanya, untuk Jakarta–Surabaya, kita operasikan 737-800 dengan kapasitas 162 penumpang. Kalau diperlukan, 747-400 yang kapasitasnya 400 penumpang akan kita operasikan. Dua menuju Surabaya dan dua dari Surabaya,’’ kata Pujobroto.

JAKARTA – Sejumlah rute penerbangan yang sempat dihentikan akibat letusan Gunung Kelud berangsur pulih. Empat bandara beroperasi lagi kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News