Rabu, 24 Juli 2019 – 03:14 WIB

Jangan Asal Diet, Ketahui Jumlah Karbohidrat yang Dibutuhkan

Selasa, 21 Agustus 2018 – 23:04 WIB
Jangan Asal Diet, Ketahui Jumlah Karbohidrat yang Dibutuhkan - JPNN.COM

Sarapan. Ilustrasi. Foto Trafoz

jpnn.com - Bagi Anda orang Indonesia, karbohidrat seperti nasi tentunya sulit untuk dilepas dari kehidupan sehari-hari. Namun, karbohidrat tak hanya bisa diperoleh dari nasi, kentang, atau ubi. Berdasarkan struktur kimiawinya, ada dua jenis karbohidrat yang dapat ditemukan dalam makanan atau minuman sehari-hari.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, karbohidrat terbagi atas karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks jika dilihat dari struktur kimiawinya.
“Perbedaan struktur kimia ini bukan hanya membedakan kedua jenis karbohidrat di bawah mikroskop, tetapi juga proses pencernaannya dalam tubuh,” katanya.

Secara lengkap, penjelasan kedua jenis karbohidrat tersebut adalah:

1. Karbohidrat sederhana

Ini merupakan jenis karbohidrat yang tersusun dari gula sederhana yang mudah dicerna tubuh. Kebanyakan karbohidrat sederhana berasal dari gula alami, seperti yang terkandung dalam buah-buahan dan susu.

Namun tak jarang, karbohidrat sederhana juga dapat ditemukan dalam bentuk gula tambahan, seperti pada permen dan minuman manis bersoda.

2. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat jenis ini biasa ditemukan pada serealia, sayuran yang mengandung pati, atau umbi-umbian. Karbohidrat kompleks mengandung gula dengan rantai yang lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Oleh karena itu, karbohidrat jenis ini dapat memberikan pasokan energi untuk durasi yang lebih panjang.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar