JPNN.com

Jauhi 3 Kebiasaan Ini agar Tak Kena Kolesterol Tinggi

Selasa, 29 Mei 2018 – 22:51 WIB Jauhi 3 Kebiasaan Ini agar Tak Kena Kolesterol Tinggi - JPNN.com

jpnn.com - Kolesterol tidak selamanya buruk dan mematikan. Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon, vitamin D, dan membantu mencerna makanan.

Namun, jika terjadi kolesterol tinggi, atau kadarnya berlebihan dalam tubuh, kolesterol dapat berujung pada penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke, bahkan kematian.

Selain faktor keturunan, kolesterol tinggi juga bisa dipicu dari kebiasaan yang buruk.

Perlu diketahui, terdapat dua macam kolesterol pada tubuh. Pertama, HDL (high-density lipoprotein/kolesterol baik) yang membawa kolesterol dari tubuh ke hati untuk dieliminasi oleh tubuh.

Kedua, LDL (low-density lipoprotein/kolesterol jahat) yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah Anda. Kadar HDL yang rendah dan LDL yang tinggi inilah yang dapat mematikan.

Agar terhindar dari kolesterol tinggi, berikut kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus Anda jauhi mulai sekarang:

1. Gaya hidup tidak sehat.

Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan kurang baik dan jarang berolahraga adalah faktor terbesar penyebab kolesterol tinggi. Contoh makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti makanan laut (udang, cumi), jeroan (otak), daging merah, produk susu (keju) dan makanan olahan (sosis).

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...