Jeita Grotto, Pesona Warisan Prasejarah Lebanon

Jeita Grotto, Pesona Warisan Prasejarah Lebanon
Foto : AFP
BEIRUT - Jeita Grotto di Lebanon terpilih sebagai salah satu di antara 28 finalis Tujuh Keajaiban Alam Dunia. "Ini momen yang sangat membanggakan bagi setiap warga Lebanon," kata Nabil Haddad, yang memimpin komite penggalangan dukungan nasional bagi situs tersebut.

 

"Jeita Grotto merupakan medali kehormatan bagi Lebanon. Situs itu juga telah menempatkan kembali Lebanon dalam peta pariwisata dunia," lanjutnya.

 

Jeita Grotto berlokasi di lembah Sungai Nahr al-Kalb, sekitar 20 km utara ibu kota Beirut. Situs itu terdiri atas dua gua kapur terpisah, yaitu gua bagian atas dan bagian bawah, tempat mengalirnya sungai bawah tanah sepanjang 6.230 meter (6,23 km).

 

Sebuah jembatan semen memungkinkan para turis melintasi struktur mirip istana tersebut. Juga bisa disaksikan stalaktit maupun stalagmit berkilau yang terbentuk beberapa milenium lalu melalui tetesan air sehingga tercipta jalan setapak di sekitar batu karang yang sulit dihancurkan.

 

BEIRUT - Jeita Grotto di Lebanon terpilih sebagai salah satu di antara 28 finalis Tujuh Keajaiban Alam Dunia. "Ini momen yang sangat membanggakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News