Jelang 2014, Bakal Banyak Menteri Mundur

Jelang 2014, Bakal Banyak Menteri Mundur
Jelang 2014, Bakal Banyak Menteri Mundur
JAKARTA - Pemerhati hukum tata negara, Irmanputra Sidin, memprediksikan menjelang akhir tahun 2013 mendatang akan terjadi pengunduran diri para menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Menteri-menteri yang akan mundur tersebut adalah kader partai politik koalisi pendukung pemerintahan.

"Potensi akan mundurnya para menteri dari kabinet menjelang akhir tahun 2013 sangat besar sebagai konsekuensi dari keputusan Presiden SBY yang membentuk anggota kabinetnya melalui jalur koalisi partai politik yang tergabung dan Setgab Koalisi Parpol," kata Irman di Jakarta, Senin (31/10).

Dalam ilmu hukum tata negara yang dianut Indonesia, kata Irman, partai politik seharusnya kembali ke habitatnya sebagai lembaga kontrol bagi eksekutif.

“Kenapa partai politik tidak perlu lagi bersama presiden? Karena presiden bukan milik partai politik atau gabungan partai politik. Presiden milik rakyat. Masalah muncul disaat Presiden SBY tidak percaya diri hingga dia mengajak partai politik untuk masuk wilayah eksekutif dengan ikatan kontrak politik," ujarnya.

JAKARTA - Pemerhati hukum tata negara, Irmanputra Sidin, memprediksikan menjelang akhir tahun 2013 mendatang akan terjadi pengunduran diri para menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News