Jelang HUT Ke-55 Kolinlamil, Gelar Sarasehan Poros Maritim

Jelang HUT Ke-55 Kolinlamil, Gelar Sarasehan Poros Maritim
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia saat sambutan pada acara sarasehan poros maritim dalam rangka memperingati HUT ke-55 Kolinlamil. FOTO: Dispen Kolinlamil for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan memasuki usia ke-55 pada tanggal 1 Juli 2016 mendatang. Guna menambah wawasan dan pengetahuan tentang kemaritiman kepada para perwira di jajaran Kolinlamil, Pangkolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, mengundang pakar kemaritiman, Jaleswari Pramodhawardhani.

Jaleswari yang saat ini menjabat Deputi V Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-Isu Strategis Polhukam dan HAM Kantor Staf Presiden, memberikan pencerahan pada acara Sarasehan dalam rangka menyambut HUT ke-55 Kolinlamil, di gedung Laut Nusantara Markas Komando (Mako) Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Pangkolinlamil, pihaknya sengaja mengundang salah seorang pakar kemaritiman yang juga pernah menjadi pengamat militer untuk memberikan pencerahan, masukan dan berdiskusi tentang lima pilar poros matirim yang telah ditetapkan pemerintah Republik Indonesia saat ini. Salah satu pilar adalah pertahanan maritim terkait dengan tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina angkutan laut militer nasional untuk konektivitas nusantara dan budaya maritim.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan sarasehan ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT ke 55 Kolinlamil, yang pada tahun ini mengangkat tema “Melalui peningkatan profesionalisme dan sinergitas, Kolinlamil siap mendukung budaya maritim dan konektivitas laut nusantara.”

Dia menjelaskan kepada nara sumber dan audiens, bahwa Kolinlamil adalah salah satu Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut yang memiliki tugas dan fungsi sebagai Kotama Pembina yang berada di bawah Kepala Staf Angkatan Laut dan dalam bidang operasional berada di bawah Panglima TNI.

“Kami sebagai Kotama Operasional mendukung operasi angkutan laut TNI, baik dalam Operasi Militer Perang atau OMP maupun Operasi Militer Selain Peran atau OMSP, serta bantuan operasi lainnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Sedangkan sebagai kotama pembina, Kolinlamil sebagai pembina tunggal angkutan laut TNI, dan pembina potensi angkutan laut nasional, guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut,” ujar Pangkolinlamil seperti siaran pers Kadispen Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea diterima, Kamis (2/6).(fri/jpnn)


JAKARTA – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan memasuki usia ke-55 pada tanggal 1 Juli 2016 mendatang. Guna menambah wawasan dan pengetahuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News