Jerman Hapus Hutang RI 20 Juta Euro

Melalui Debt Swap IV untuk Pendidikan

Jerman Hapus Hutang RI 20 Juta Euro
Jerman Hapus Hutang RI 20 Juta Euro
JAKARTA -- Pemerintah Republik Federal Jerman menghapus hutang pemerintah Indonesia sebanyak 20 juta Euro melalui program Debt Swap IV untuk pendidikan. Pemberian penghapusan hutang ini dilakukan setelah Indonesia memenuhi syarat, yakni membiayai salah satu program sektor pendidikan minimal sebanyak 50 persen atau 10 juta Euro dari jumlah hutang pokok.

Sertifikat Penghapusan Hutang Program Debt Swap IV untuk Education diserahkan oleh Direktur KfW (Kreditanstalt fur Wiederaufbau) Bjorn Thies kepada Deputi VI Bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional Kementerian Koordinator Perekonomian Rizal Afandi Lukman, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nina Sardjunani, dan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Suyanto di gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (1/9).

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan, program Debt Swap IV untuk pendidikan dilaksanakan berdasarkan perjanjian pemerintah Indonesia dan pemerintah Republik Federal Jerman tentang rekonstruksi dan rehabilitasi gedung sekolah akibat  gempa bumi pada 2006 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

"Adapun sasaran program ini adalah merekonstruksi dan rehabilitasi sekolah akibat gempa sebanyak 144 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) dan 26 sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MtS) di Provinsi DIY dan 52 SD/MI serta delapan SMP/MTs di Provinsi Jawa Tengah," ungkap Nuh.

JAKARTA -- Pemerintah Republik Federal Jerman menghapus hutang pemerintah Indonesia sebanyak 20 juta Euro melalui program Debt Swap IV untuk pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News