Pungutan Biaya Sekolah Masih Tinggi

Pungutan Biaya Sekolah Masih Tinggi
Pungutan Biaya Sekolah Masih Tinggi
JAKARTA- Koordinator Divisi Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan mengeluhkan masih tingginya biaya pendidikan. Meski, anggaran pendidikan dari APBN terus meningkat. “Trennya malah semakin meningkat, padahal anggaran pendidikan sudah naik dan sudah ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” kata Ade di Jakarta, Selasa (31/8).

Ade menjelaskan, masih banyak  pungutan yang dilakukan oleh sekolah, mulai dari proses penerimaan murid hingga kelulusan. Disebutkan, pada tahun 2005, total rata-rata biaya sekolah yang dikeluarkan orang tua pada tingkat SD sebesar  Rp 3,5 juta per tahun  meningkat menjadi  Rp 4,7 juta  per tahun pada tahun 2008.

Menurut Ade, ada beberapa masalah yang menyebabkan program BOS tidak kunjung mampu menghilangkan biaya yang menghambat warga untuk memperoleh pelayanan pendidikan dasar.“Pertama, dari sisi alokasi dana yang disediakan masih jauh dari kebutuhan. Walau Kemdiknas beberapa kali menambah alokasi, tapi jumlahnya masih sangat kecil.,” terangnya.

Sebagai perbandingan,  alokasi dana BOS tahun 2010 pada tingkat SD kota sebesar Rp 400 ribu per murid tiap tahun dan SMP kota sebesar Rp 575 ribu per murid per tahun.  Sedangkan kebutuhan faktualnya pada tingkat SD sebesar Rp 1,8 juta per murid per tahun dan SMP sebesar  Rp 2,7 juta per murid per tahun.

JAKARTA- Koordinator Divisi Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan mengeluhkan masih tingginya biaya pendidikan. Meski, anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News