JK Ajukan 5 Rekomendasi Atasi Krisis Rohingya

JK Ajukan 5 Rekomendasi Atasi Krisis Rohingya
JK Ajukan 5 Rekomendasi Atasi Krisis Rohingya
KUALA LUMPUR - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla (JK), memimpin pertemuan konsultatif Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk aksi kemanusiaan Rohingya, Myanmar, yang berlangsung di Hotel Royale Chualan, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (3/8).

   

OKI yang memprakarsai pertemuan ini diwakili  Atta El-Manan Bakhit, asisten bidang Humanitarian Sekjen OKI. Dalam pertemuan ini hadir lebih 20 perwakilan lembaga nirlaba dan utusan dari Saudi Arabia, Turki, Kuwait, Malaysia, Indonesia, Bangladesh, termasuk seorang perwakilan dari etnis Rohingya.

   

Dalam pertemuan ini, JK menjelaskan langkah-langkah praktis yang harus ditempuh untuk mengatasi krisis Rohingya. Caranya, dengan mengedepankan bantuan kemanusiaan yang bersifat netral dan tidak sekadar berpihak dan membantu salah satu pihak saja.

   

Netralitas penting, kata JK yang sudah teruji menyelesaikan sejumlah konflik, karena pemerintah Myanmar relatif tertutup. Sehingga upaya kemanusiaan harus dapat membuka akses ke Rohingya. Hal itu bisa dicapai jika bantuan yang diberikan dilandasi semangat netralitas.

   

KUALA LUMPUR - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla (JK), memimpin pertemuan konsultatif Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk aksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News