Jokowi Dapat Kabar Bolak-Balik Banten ke Jakarta Bisa Tua di Jalan

Jokowi Dapat Kabar Bolak-Balik Banten ke Jakarta Bisa Tua di Jalan
Joko Widodo. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional jalan tol JORR II ruas Kunciran - Serpong di gerbang tol Parigi, Kota Tangerang Selatan, Jumat (6/12) sore.

Dalam sambutannya saat peresmian tol tersebut, presiden ketujuh RI itu bersyukur karena pembangunan ruas tol tersebut sudah selesai dan segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Banyak yang bertanya pada saya, Pak Presiden mengapa perlu membangun jalan tol ini? Saya jawab pertama, jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta," ucap Jokowi.

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku sering mendengar keluhan dari masyarakat yang bolak-balik Banten-Jakarta. Padahal di era persaingan antarnegara yang makin sengit, kecepatan akan sangat menentukan. Sebab, yang cepat akan mengalahkan yang melambat.

"Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak-balik dari Banten ke Jakarta, katanya, Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet. Belum biaya yang kita keluarkan untuk BBM," ungkap Presiden.

Kedua, dengan selesainya pembangunan jala tol Kunciran-Serpong ini, maka kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten, akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik lebih mudah dan lancar. Terutama distribusi barang yang melalui pelabuhan Merak.

"Jadi jalan tol akan menyambung antara sentra produksi dengan sentra distribusi. Makin tersambung maka semakin efisien. Yang artinya daya saing makin baik dalam investasi maupun daya saing produk kita," jelasnya.

Terakhir, kata Jokowi, jalan tol ini akan mempercepat gerak perekonomian Banten, selaku wilayah penyangga DKI Jakarta. Investasi di ibu kota menurutnya bisa dikembangkan ke Banten karena konektivitas kedua provinsi ini semakin tersambung.

Jokowi meresmikan operasional jalan tol JORR II ruas Kunciran - Serpong di gerbang tol Parigi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News