Jokowi Merasa Mirip dengan Duterte

Jokowi Merasa Mirip dengan Duterte
Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengaku dia memiliki banyak kesamaan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ini disampaikannya dihadapan Duterte dan delegasi Filipina sebelum memulai pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (9/9). Kesamaan yang dimaksudnya adalah keduanya sama-sama tidak terlalu suka terikat dengan protokoler seperti pejabat tinggi negara lainnya.

“Saya melihat kita punya kesamaan. Kita sama-sama selalu ingin berada di tengah rakyat. Kita tidak terlalu kaku dengan masalah-masalah keprotokolan yang kadang merepotkan staf-staf dan pengamanan presiden,” ujar Jokowi, sapaan Presiden.

Pernyataan ini langsung disambut tawa kecil dari Duterte dan delegasinya. Jokowi mengatakan sangat senang bisa mengajak Duterte blusukan dengannya di pusat grosir Tanah Abang. Sebelum pertemuan hari ini, dia mengaku sudah banyak berbincang dengan Duterte saat menghadiri KTT di Laos.

“Saya senang KTT ASEAN yang kita hadiri berdua di Laos kemarin berhasil dengan baik. Walaupun Yang Mulia baru pertama kali hadir, tapi peran Presiden Duterte sangat penting dalam KTT Laos. Semua orang menunggu,” imbuh Jokowi.

Jokowi mengatakan, hubungan Indonesia dan Filipina sangat erat. Terutama dalam kemitraan di bidang ekonomi. Indonesia berharap kerja sama dengan Filipina akan terus berjalan nantinya.

“Di tengah kesulitan ekonomi dunia, angka perdagangan kita terus menunjukan peningkatan. Dengan kondisi ini, kunjungan Yang Mulia dilakukan pada saat yang tepat. Kunjungan ini memberikan semangat baru bagi upaya peningkatan kerja sama dua negara,” pungkas Jokowi. (flo/jpnn)


JAKARTA—Presiden Joko Widodo mengaku dia memiliki banyak kesamaan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ini disampaikannya dihadapan Duterte


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News