Jonas Eriksson, Wasit Sekaligus Jutawan Pimpin Laga Portugal vs Wales

Jonas Eriksson, Wasit Sekaligus Jutawan Pimpin Laga Portugal vs Wales
Jonas Eriksson pimpin laga Portugal vs Wales. FOTO: AS

jpnn.com - LYON - Laga semifinal pertama yang mempertemukan Portugal kontra Wales pada Kamis (7/7) dini hari WIB akan dipimpin wasit asal Swedia, Jonas Eriksson.

Meski hanya berprofesi sebagai wasit, Eriksson merupakan seorang jutawan. Dia memiliki saham di sejumlah media olahraga di Swedia dan kemudian melepasnya ke publik pada 2007.

Dalam sebuah pernyataan, Eriksson mengaku sangat mencintai sepak bola sehingga dia tetap bertahan menjadi wasit meski secara finansial lebih dari cukup.

"Uang tidak bisa mengubah segalanya. Dalam kehidupan ini, saya selalu memikirkan masih bisa menjadi wasit di sepak bola," ucap Eriksson.

Eriksson yang lahir pada 28 maret 1974, memulai karier sebagai wasit profesional sejak 1994 atau ketika umurnya baru 20 tahun. Dia kemudian menjadi wasit internasional FIFA sejak 2002.

Ditunjuknya Eriksson sebagai pengadil laga semifinal pertama jelas membuat Wales tersenyum. Bukan apa-apa, dia bisa dibilang sebagai keberuntungan Wales di Euro 2016.

Eriksson sekali memimpin laga yang melibatkan Wales di Euro 2016, tepatnya di fase grup. Kala itu, Wales mampu menang 3-0 atas Rusia. Kemenangan tersebut mengantarkan The Dragons - julukan Wales, menjadi juara grup karena pada saat bersamaan Inggris hanya bermain 0-0 kontra Slovakia.

Hanya saja, jika dihitung secara total laga Wales saat dipimpin Eriksson, rekornya tak terlalu gemilang. Dalam dua laga sebelumnya yakni di Kualifikasi Euro 2008 dan Kualifikasi Euro 2012, Wales selalu kalah. Mereka kalah 1-2 dari Rep. Cheska dan kalah 0-1 dari Bulgaria.

LYON - Laga semifinal pertama yang mempertemukan Portugal kontra Wales pada Kamis (7/7) dini hari WIB akan dipimpin wasit asal Swedia, Jonas Eriksson.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News