Ka'bah Ditutup Kiswah Baru

Ka'bah Ditutup Kiswah Baru
Foto : AP
MAKKAH - Idul Adha kemarin terasa istimewa di Masjidilharam. Kiswah penutup Kakbah tampak baru. Bagian bawah masih digulung. Jamaah haji tak bisa menyentuh atau menciumnya. Namun, masih tetap banyak jamaah yang berdoa dengan menempelkan pipi maupun tangannya di dinding Kakbah.

 

Penggantian kiswah baru tersebut dilakukan saat jamaah haji wukuf di Arafah. Saat itu, Masjidilharam sedang sepi-sepinya. Acara dilakukan oleh pelayan dua tanah haram, Raja Abdullah. Hadir, antara lain, para tamu kerajaan dari berbagai negara dan para pemuka Makkah.

 

Kiswah berukuran 658 meter persegi itu terbuat dari 670 kg sutera dan 150 kg benang emas serta perak untuk menyulam ayat-ayat Alquran di atas sutera itu. Termasuk, untuk menyulam kain yang menutupi pintu Kakbah atau dikenal dengan burqa sepanjang 6,5 meter dan lebar 3 meter.

 

Penutup Kakbah sepanjang tahun itu dibuat oleh pabrik khusus yang didirikan di Makkah oleh Raja Abdul Aziz sekitar 70 tahun lalu. Seluruhnya menghabiskan dana 20 juta riyal atau sekitar USD 5 juta. Kiswah Kakbah diganti dua kali tiap tahun. Yaitu, pada bulan Syakban (sebulan menjelang Ramadan) dan Zulhijah saat prosesi haji hendak dilangsungkan. Kiswah juga dicuci dua kali setahun dengan air zamzam dan diberi parfum oud. (hq/ib)

MAKKAH - Idul Adha kemarin terasa istimewa di Masjidilharam. Kiswah penutup Kakbah tampak baru. Bagian bawah masih digulung. Jamaah haji tak bisa


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News