KadinLHK: Sektor Kehutanan Memiliki Potensi Besar

KadinLHK: Sektor Kehutanan Memiliki Potensi Besar
Waketum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KadinLHK) Silverius Oscar Unggul. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Waketum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kadin-LHK) Silverius Oscar Unggul mengatakan pemanfaatan hutan alam memiliki potensi besar dalam menghasilkan pangan.

Namun, kontribusi sub sektor kehutanan dalam mendukung ketahanan pangan dirasakan belum optimal.

Oleh karena itu, KadinLHK hadir mengadakan inisiatif regenerative forest business dalam rangka mengembangkan multiusaha wanatani, imbal jasa lingkungan, dan hasil hutan bukan kayu.

KADIN Regenerative Forest Business Sub Hub (KADIN-RFBSH) melaksanakan forum dialog mengangkat tema tentang Business Meeting “Pemanfaatan Kawasan Hutan untuk Ketahanan Pangan”.

"Business Meeting ini diharapkan dapat menginisiasi kerja sama para pengusaha kehutanan baik di sektor hulu mapun hilir (off taker)," ujar Silverius atau yang akrab disapa Onte, Selasa (25/10).

Selain itu,  diskusi diselenggarakan menyikapi Undang-Undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang membuka peluang bagi para pelaku usaha kehutanan untuk meningkatkan pemanfaatan kawasan melalui multiusaha kehutanan.

Menurut Onte, model bisnis kehutanan memberikan landasan bagi bisnis pemanfaatan hutan untuk mengembangkan potensi bisnis yang dimiliki, termasuk pengembangan bisnis produk pangan.

"Program ini dibangun untuk mendukung kesiapan kapasitas anggotanya, melalui proses-proses peningkatan pengetahuan mengenai bisnis multiusaha kehutanan, dialog dengan pemerintah (KLHK) dan para pihak relevan lainnya," ujar Onte.

Waketum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Silverius Oscar Unggul mengatakan pemanfaatan hutan memiliki potensi besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News