JPNN.com

Kapan PDIP Umumkan Calon Lawan Ahok?

Senin, 18 Juli 2016 – 10:59 WIB Kapan PDIP Umumkan Calon Lawan Ahok? - JPNN.com

JAKARTA - Hingga kini, PDI Perjuangan selaku parpol pemenang pemilu di Jakarta belum mengumumkan figur yang akan diusung sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Seperti diketahui, PDIP dengan 28 kursinya di DPRD DKI adalah satu-satunya partai yang  memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon tanpa berkoalisi.

Beredar kabar bahwa DPP PDIP akan mengumumkan nama cagub untuk pilkada DKI pada pekan depan. Namun, DPD PDIP DKI Jakarta mengaku belum mendapat informasi mengenai hal tersebut.

"Kami belum dapat informasi," ujar Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono, Minggu (17/7).

Gembong mengatakan, pihaknya telah menyerahkan seluruh nama-nama yang masuk penjaringan di tingkat DPD kepada pusat. Selanjutnya menjadi keputusan DPP, untuk menetapkan apakah memilih mereka, ataupun menentukan calon gubernur yang baru. "Kami menunggu saja, setelah nanti ditetapkan, kami akan total mendukung dan memenangkan calon tersebut," kata dia.

Di sisi lain, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto menuturkan, segera mengerucutkan jumlah nama figur yang sudah masuk ke DPP. "Mereka yang dipetakan partai berdasarkan aspirasi dari masyarakat, yang dinilai mampu bawa perubahan di DKI," kata dia.

Menurut Hasto, PDIP akan menyaring nama-nama bakal calon yang telah mendaftar, kemudian melakukan pemetaan berdasarkan aspirasi masyarakat. Selain itu, PDIP telah melakukan kegiatan terpadu antara DPR dan DPRD provinsi untuk langsung menerima masukan masyarakat terhadap pemimpin yang dianggap tepat untuk DKI.

Selain itu, sambung Hasto, PDIP juga memantau perkembangan di media. Khususnya terkait sejumlah tokoh yang dianggap publik cocok memimpin Jakarta. "Bu Risma sebagai salah satu kepala daerah yang dinilai berhasil. Mampu membawa Surabaya menjadi ruang publik dan kebijakannya berorientasi kepada rakyat bawah, sehingga ini merupakan salah satu tokoh yang dicermati oleh PDI-P," tandas dia. (wok/dil/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...