Kasal Pimpin Sertijab Pangarmabar dan Pangkolinlamil

Kasal Pimpin Sertijab Pangarmabar dan Pangkolinlamil
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi usai bertindak selaku Inspektur Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dari Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji kepada Laksamana Muda TNI Aan Kurnia dan Jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dari Laksamana Muda TNI Aan Kurnia kepada Laksamana Pertama TNI I G. Putu Wijamahaadi di lapangan Markas Komando (Mako) Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (19/8). FOTO: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi bertindak selaku Inspektur Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dari Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji kepada Laksamana Muda TNI Aan Kurnia dan Jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) dari Laksamana Muda TNI Aan Kurnia kepada Laksamana Pertama TNI I G. Putu Wijamahaadi di lapangan Markas Komando (Mako) Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (19/8).

Pejabat lama Pangarmabar Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Asisten Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrenum) Panglima TNI. Sedangkan pejabat baru Pangkolinlamil Laksamana Pertama TNI I G. Putu Wijamahaadi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAL.

Dalam amanatnya, yang disampaikan saat upacara, Kasal mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan aktualisasi dari regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis. Hal ini berkaitan erat dengan dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh untuk memberikan penyegaran melalui ide dan gagasan yang inovatif bagi peningkatan kinerja organisasi.

Menurut Laksamana Ade, Koarmabar dan Kolinlamil adalah komando utama (Kotama) pembinaan dan operasional TNI Angkatan Laut. Koarmabar bertugas membina kemampuan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan potensi maritim menjadi kekuatan  pertahanan negara di laut serta melaksanakan operasi laut sehari-hari, operasi tempur laut dan proyeksi kekuatan ke darat dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Sementara itu, Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara. Selain itu, melaksanakan angkutan administratif, taktis maupun strategis TNI/Polri dan melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional.

Dia juga berharap secara eksternal, segenap personel di jajaran Koarmabar dan Kolinlamil perlu senantiasa menghindari tindakan, sikap dan perilaku yang dapat menyakiti hati rakyat dan menimbulkan antipati.

"Saya juga berharap agar selalu menjalin koordinasi yang harmonis dengan instansi terkait, baik sipil maupun militer, sehingga dapat menjaga dan mendukung terciptanya kerukunan, kesatuan dan harmonisasi di antara segenap komponen bangsa,” ujar Kasal.(fri/jpnn)


JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi bertindak selaku Inspektur Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News