Kasus Dumping, Jawa Timur Terbanyak

Kasus Dumping, Jawa Timur Terbanyak
Kasus Dumping, Jawa Timur Terbanyak
JAKARTA - Banyaknya tuduhan kasus dumping terhadap Indonesia, Direktorat Pengamanan Perdagangan (DPP) Departemen Perdagangan (Depdag) RI harus melakukan langkah–langkah proaktif guna mengatasinya. Antara lain yakni melalui penyuluhan atau penyebaran informasi, dengan menjelaskan kepada para pelaku bisnis dan masyarakat umum.

Direktur Pengamanan Perdagangan Depdag RI Drs Martua Sihombing MM menjelaskan, tuduhan-tuduhan tersebut apabila tidak ditangani dengan sebaik-baiknya, maka tidak mustahil akan berakhir dengan pengenaan Bea Masuk Anti-Dumping (BMAD), Bea Masuk Imbalan (BMI), atau Tindakan Safeguard.

"Tentunya dampak atas pengenaan bea masuk tambahan tersebut adalah harga produk ekspor Indonesia menjadi mahal. Akibatnya, produk ekspor Indonesia kalah bersaing dengan produk lain yang sejenis, baik produk ekspor dari negara pesaing lainnya maupun produk pesaing dari domestik," ungkapnya.

Di samping itu, ia juga sempat menyebutkan bahwa menurut data yang dimiliki Depdag, hingga saat ini ada sekitar 180 kasus tuduhan dumping yang terjadi di Indonesia dari 23 negara.

JAKARTA - Banyaknya tuduhan kasus dumping terhadap Indonesia, Direktorat Pengamanan Perdagangan (DPP) Departemen Perdagangan (Depdag) RI harus melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News