Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Rektor UGM Angkat Bicara

Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Rektor UGM Angkat Bicara
Kasus gagal ginjal akut misterius. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Penyebab munculnya kasus gagal ginjal akut atau acute kidney injury (AKI) sampai saat ini belum diketahui secara pasti.

Rektor UGM Prof. Ova Emilia pun angkat bicara mengenai kasus tersebut.

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) itu mengajak masyarakat untuk tenang, tetapi tetap waspada.

Indikasi gagal ginjal akut mulai muncul di Indonesia sejak Agustus 2022, dengan mulai muncul 66 kematian anak yang dikaitkan dengan sirop obat batuk yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) tinggi.

Investigasi masih dilakukan di Indonesia untuk mencari tahu penyebab pasti dari gagal ginjal akut itu.

"Gagal ginjal akut memang sudah merebak, dan saya kira ini satu pelajaran bagi kita semua bahwa segala sesuatu bisa saja terjadi, tidak perlu heboh, tetapi tetap waspada," ungkap Ova dalam siaran pers, Rabu.

"Sampai 26 Oktober 2022 ada 269 kasus dengan kematian 157 tersebar di 27 provinsi."

Dia menjelaskan investigasi awal yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 17 Oktober 2022 melaporkan tujuh dari 11 pasien menunjukkan keberadaan EG dan DEG dalam darah mereka, diduga dari obat sirop.

Penyebab munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Rektor UGM Prof. Ova Emilia pun angkat bicara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News