Ke Kanada demi Solidkan Kerjasama Bilateral

Ke Kanada demi Solidkan Kerjasama Bilateral
Ke Kanada demi Solidkan Kerjasama Bilateral

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa melakukan kunjungan ke Kanada pada tanggal 22-23 Agustus 2013 lalu. Di sana, ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird dalam Forum Konsultasi Bersama Indonesia-Kanada ke-3 di Ottawa.

Dalam pertemuan itu dibahas berbagai prioritas hubungan bilateral Indonesia dan Kanada. Antara lain perdagangan dan investasi, kerja sama pendidikan dan kerja sama pembangunan kedua negara.

"Kanada adalah mitra investasi bagi Indonesia. Tercatat di tahun 2012, Kanada merupakan investor terbesar ke-24 dari115 investor asing di Indonesia," ujar Marty dalam keterangan pers yang diterima JPNN, Minggu (25/8).

Dalam kesempatan forum itu, kedua menlu juga membahas persiapan konfrensi APEC 2013 di Bali dan East Asia Summit. Indonesia dan Kanada juga bertukar pandangan mencari solusi permasalahan di Palestina, Suriah, dan Mesir.

Selain itu, dibahas juga persiapan rencana kunjungan kunjungan Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper ke Indonesia bulan Desember 2013 mendatang. "Jelang kunjungan PM Kanada, disepakati adanya rencana aksi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang hubungan Indonesia dan Kanada yang akan menjadi pokok pembahasan pemimpin kedua negara", sambung Marty.

Lebih lanjut Marty mengatakan, kerjasama bilateral kedua negara saat ini sudah semakin solid. Mengingat, infrastruktur bilateral Indonesia-Kanada sudah terbangun dengan baik. Infrastruktur yang dimaksud antara lain pertemuan tingkat Kepala Pemerintahan, Forum Konsultasi Tahunan tingkat Menteri, Dialog HAM dan Forum ekonomi.

"Melalui infrastuktur bilateral yang telah ada, Indonesia dan Kanada dapat memaksimalkan peluang kerja sama yang lebih nyata kedepan bagi kepentingan rakyat kedua negara" pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa melakukan kunjungan ke Kanada pada tanggal 22-23 Agustus 2013 lalu. Di sana, ia bertemu dengan Menteri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News