Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022, Chandra Bhakti Berharap Lahir Pengganti Lindswell & Edgar

Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022, Chandra Bhakti Berharap Lahir Pengganti Lindswell & Edgar
Suasana pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2022) malam. Foto: Wushu Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora, Chandra Bhakti resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2022) malam. 

Kejuaraan yang berlangsung dari 18 hingga 21 September 2022 ini diikuti 450 atlet dari 20 Provinsi mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu.

Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dan Piala Menpora. 

Dalam sambutannya, Chandra Bhakti menyampailan permohonan maaf dari Menpora Amali yang tidak bisa hadir pada acara pembukaan Kejurnas Wushu karena kesibukan menjalankan menjalankan tugas.

Menurut Chandra Bhakti, wushu merupakan salah satu olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021.

Penetapan wushu tersebut, jelasnya, melalui kajian dari akademisi, pakar dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

"Kita mengetahui banyak atlet wushu Indonesia telah mencatat prestasi di kejuaraan dunia di antaranya yang dikenal Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo.

"Melalui Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini diharapkan muncul pengganti Lindswell dan Edgar yang mampu berprestasi dunia dan juga di Olimpiade jika ke depan cabang olahraga wushu dipertandingkan," katanya. 

Kejurnas Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, resmi dibuka, Sabtu (17/9/2022)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News