Kelola Limbah Jadi Bahan Baku, Semen Baturaja Gandeng NHL

Kelola Limbah Jadi Bahan Baku, Semen Baturaja Gandeng NHL
Limbah. Foto Ilustrasi dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Semen Baturaja menggandeng PT Nasional Hijau Lestari (NHL), sebuah perusahaan yang didirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Pertambangan untuk mengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi, dengan Pelaksana Tugas (Plt.) Dirut NHL, Agus Yulianto, di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, (28/5).

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari izin yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Semen Baturaja pada akhir 2017 lalu untuk mengelola limbah B3.

Menurut Rahmad di sekitar wilayah produksi Semen Baturaja di Sumatra Selatan, banyak sekali limbah yang bisa diolah.

Rahmad mengemukakan limbah yang pada awalnya beracun, berbahaya dan sama sekali tidak memiliki nilai ekonomis bisa diubah menjadi bernilai ekonomis karena bisa dimanfaatkan.

“Baik menjadi bahan baku alternatif atau bahan bakar alternatif,” katanya.

Rahmad mengharapkan, NHL sebagai anak perusahaan BUMN bisa menjadi konsolidator untuk merealisasikan kepedulian perseroan terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan limbah.

Langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh Semen Baturaja dan NHL adalah melakukan komunikasi, diskusi, koordinasi dan kajian-kajian terkait limbah B3.

“Agar ini bisa dijadikan produk yang ramah lingkungan,” tandas dia.(chi/jpnn)


Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari izin yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Semen Baturaja pada akhir 2017.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News