Kemarin tak Ada Upacara Pergantian Pasukan Jaga Istana, Ini Alasannya

Kemarin tak Ada Upacara Pergantian Pasukan Jaga Istana, Ini Alasannya
Paspampres. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pascamunculnya ancaman bom yang menarget Istana Negara, kemarin tidak terlihat ada upacara pergantian personel Paspampres yang menjaga istana. Paspampres. Upacara yang biasa dilakukan pukul 08.00 itu ditiadakan kemarin.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono menuturkan tidak adanya upacara pergantian pasukan jaga istana sangat bergantung kepada kegiatan Paspampres dan pengisi acara.

Seperti tim marching band dari siswa sekolah yang perlu persiapan lebih lama.  Ada pula penampilan musik orkestra dan tarian.

”Hari ini tidak ada pergantian Jaga Istana. Memang tidak dijadwalkan dan bukan karena disebabkan faktor lain,” ucap Bambang.

Dia menegaskan bukan kemarin saja pergantian itu tidak dilakukan pada pekan kedua. Pada Agustus lalu prosesi tersebut digelar pada pekan keempat.

Lantaran, pada pertengahan bulan ada rangkaian peringatan HUT RI. Pada September juga dilakukan pada pekan keempat, Oktober pada pekan ketiga, dan November pada pekan ketiga.

”Tentunya akan terus dilaksanakan, mengingat prosesi jaga istana ini merupakan arahan langsung Presiden, sebagai upaya mendekatkan istana dengan masyarakat. Dan prosesi ini sangat dinantikan masyarakat,” ucap Bambang.

Pagi kemarin, memang ada banyak orang yang menunggu prosesi tersebut. misalnya keluarga Nugroho yang jauh-jauh dari Serpong, Tanggerang Selatan.

JAKARTA - Pascamunculnya ancaman bom yang menarget Istana Negara, kemarin tidak terlihat ada upacara pergantian personel Paspampres yang menjaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News