Kemenangan Turki Justru Meloloskan Irlandia Utara ke Babak 16-Besar

Kemenangan Turki Justru Meloloskan Irlandia Utara ke Babak 16-Besar
Fans Irlandia Utara merayakan keberhasilan timnya melaju ke babak 16-besar Euro 2016. FOTO: AFP

jpnn.com - PARIS - Irlandia Utara mengakhiri laga pamungkas Grup C dengan kekalahan 0-1 dari Jerman, Selasa (21/6) malam WIB. Namun, beberapa jam kemudian, para pemain, pelatih, dan ofisial tim bersorak karena mendapat kepastian lolos ke babak 16-besar Euro 2016. 

Sejatinya usai kalah dari Jerman, pelatih Michael O'Neill terlihat pasrah. Meski begitu, dia masih menyimpan keyakinan timnya bisa menjadi salah satu empat tim berperingkat ketiga terbaik. 

Keyakinan itu pun terwujud. Adalah kemenangan Turki atas Rep. Cheska yang membuat Jonny Evans cs menginjakkan kaki di babak 16-besar. 

Irlandia Utara melaju sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Sebaliknya, Turki yang meraih kemenangan atas Rep. Cheska di Grup D justru masih menunggu laga pamungkas Grup E dan F untuk mengetahui nasib mereka. 

Kemenangan Turki Justru Meloloskan Irlandia Utara ke Babak 16-Besar

Ini jelas menjadi pencapaian luar biasa karena baru pertama kali tampil di putaran final Euro. Meski, di ajang Piala Dunia mereka pernah lolos dari fase grup yakni pada 1958 dan 1982. 

Berdasar klasemen peringkat ketiga terbaik, Irlandia Utara di bawah Slovakia yang juga dipastikan lolos ke babak 16-besar. Irlandia Utara mengumpulkan 3 angka, sama dengan perolehan Turki dan Albania. Tapi, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik yakni memasukkan 2 dan kemasukan 2. 

Sementara itu, Turki minus 2 setelah hanya memasukkan 2 gol tapi kemasukan 4 gol. Albania juga minus 2 lantaran memasukkan 1 gol dan kemasukan 3 gol. (epr/JPNN)


PARIS - Irlandia Utara mengakhiri laga pamungkas Grup C dengan kekalahan 0-1 dari Jerman, Selasa (21/6) malam WIB. Namun, beberapa jam kemudian,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News