Kemendagri Makin Percaya Diri Pelototi Keuangan Daerah

Setelah Kantongi Predikat WTP dari BPK

Kemendagri Makin Percaya Diri Pelototi Keuangan Daerah
Kemendagri Makin Percaya Diri Pelototi Keuangan Daerah
JAKARTA - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) merasa semakin percaya diri dalam hal pembinaan pengelolaan keuangan daerah. Menyusul keluarnya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kemendagri Tahun  Anggaran 2010, kementrian yang dipimpin Gamawan Fauzi itu merasa tak canggung lagi membina keuangan daerah yang masih acak-acakan.

Sekjen Kemendagri, Diah Anggraeni kepada wartawan di Kemendagri, Rabu (8/6), menyatakan bahwa predikat WTP itu bukan hanya menyangkut persoalan akuntansi saja. Menurut Diah, Kemendagri memiliki 957 satuan kerja (satker) di seluruh Indonesia, termasuk 22 satker yang ada di kantor pusat kemendagri.

"Satuan kerja kita ini terbesar. Kalau opininya disclaimer (BPK tidak memberikan pendapat), akan kelihatan kinerjanya. Jadi ini bukan persoalan akuntansi saja tapi juga kinerja," ujar Diah.

Dirincikannya, Kemendagri yang mendapat anggaran Rp 13,58 triliun dari APBN 2010 tercatat dalam 10 besar kementrian penerima anggaran paling banyak dari APBN. Berdasar hasil audit BPK tahun 2010, dari 10 kementrian itu hanya terdapat dua kementrian yang mendapat predikat WTP. "Salah satunya adalah Kemendagri," ucap Diah.

JAKARTA - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) merasa semakin percaya diri dalam hal pembinaan pengelolaan keuangan daerah. Menyusul keluarnya predikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News