Kemendagri Siapkan Ribuan Kamar untuk Tampung Pasien Corona

Kemendagri Siapkan Ribuan Kamar untuk Tampung Pasien Corona
Ilustrasi penanganan pasien virus Corona. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggunakan sumber dayanya untuk ambil bagian dalam menanggulangi wabah virus corona (COVID-19). Institusi pimpinan Tito Karnavian itu menyiagakan puluhan gedung pendidikan dan pelatihan (diklat) Kemendagri di berbagai daerah untuk dimanfaatkan sebagai tempat isolasi bagi pasien corona.

"Dalam rangka menindaklanjuti arahan bapak presiden terkait pemanfaatan diklat-diklat di daerah dalam rangka antisipasi penanganan Covid-19, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian langsung memerintahkan Kepala BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kemendagri. Hasil pendataan beberapa diklat dapat dijadikan tempat untuk isolasi pasien Covid-19," kata Bahtiar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/3).

Bahtiar menjelaskan, BPSDM memiliki gedung di 32 provinsi yang bisa dipakai untuk menangani pasien corona. Kondisi masing-masing gedung BPSDM itu berbeda-beda.

Walakin, kamar dalam gedung tersebut secara keseluruhan sangat layak untuk ditempati pasien. "Ada yang pakai AC dan ada yang tidak pakai AC, namun semuanya layak pakai," kata dia.

Lebih lanjut Bahtiar mengatakan, Badan Diklat Kemendagri juga memiliki gedung di Kalibata, Jakarta Selatan dan Kemang, Bogor yang bisa difungsikan menjadi tempat isolasi pasien positif corona. Selain itu, Kemendagri memiliki empat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional di Bukittinggi, Bandung, Yogyakarta dan Makassar.

"Kemendagri juga memiliki balai-balai Diklat Pemdes yaitu di Lampung, Yogyakarta, dan Malang," sebut Bahtiar.(mg10/jpnn)


Perincian ketersediaan kamar di gedung BPSDM Kemendagri dan BPSDM Provinsi se-Indonesia:

BPSDM Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyiapkan gedung-gedungnya di berbagai daerah untuk dijadikan kamar bagi pasien virus corona (COVID-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News