Rabu, 24 Juli 2019 – 11:56 WIB

Kemendikbud Klaim PPDB 2019 Masih Aman – aman Saja

Selasa, 18 Juni 2019 – 17:53 WIB
Kemendikbud Klaim PPDB 2019 Masih Aman – aman Saja - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim masalah yang terjadi di daerah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 sistem zonasi masih bisa tertangani. Secara menyeluruh proses zonasi PPDB disebut masih berjalan lancar.

"Masih aman-aman saja. Cuma di beberapa kota atau kabupaten yang masih belum pas. Misalnya Tangerang, Depok, Surabaya. Itu kan harusnya dinas pendidikan di daerah berpedoman pada Permendikbud 51 Tahun 2018," kata Inspektur Jenderal Kemendikbud Muchlis R. Luddin di Jakarta, Selasa (18/6).

Hanya, lanjut Muchlis, persoalannya daerah membuat penyesuaian sesuai kepentingan masing-masing. Dia meminta daerah menerapkan 90 persen jalur zonasi, lima persen migrasi dan lima persen jalur prestasi.

BACA JUGA: Reni: PPDB Sistem Zonasi Ibarat Menggaruk Sesuatu yang tak Gatal

"Persoalannya di 90 persen terlalu banyak variannya. Prinsipnya harus diperhatikan anak-anak di zonasinya harus masuk. Seperti Yogyakarta bisa diperlebar sehingga anak bisa masuk. Di internal (daerah) terlalu kaku menerapkan sesuai interest mereka," paparnya.

Muchlis menambahkan, besok (19/6) akan ada tim turun ke daerah-daerah terkait masalah PPDB. Mengecek anak-anak yang tidak mendapatkan sekolah.

BACA JUGA: 8 Poin Catatan dari Indra seputar PPDB 2019 Sistem Zonasi

Juga masih banyaknya orangtua untuk memasukkan anaknya ke sekolah favorit. Padahal pemerintah sudah berkali-kali menegaskan PPDB sistem zonasi akan menghilangkan sekolah favorit itu. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar