Kemenhub Intensifkan Rampcheck Pesawat

Kemenhub Intensifkan Rampcheck Pesawat
Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan lebih meningkatkan intensifitas pelaksanaan rampcheck pada pesawat di seluruh maskapai penerbangan.

Sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk memperketat manajemen keselamatan penumpang pada seluruh maskapai penerbangan, Kementerian Perhubungan melakukan rampcheck kepada 11 pesawat Boeing 737 - 8 MAX dan juga pesawat-pesawat pada seluruh maskapai penerbangan.

"Rampcheck untuk yang Boeing 737 - 8 MAX sudah kami lakukan, setelah itu kami akan intensif lakukan kepada yang lain. Rampcheck itu reguler dilakukan, tapi yang sekarang ini memang kami lakukan lebih intensif. Kalau dulu misalnya sebulan sekali yang akan datang jadi 3 minggu sekali," tutur Budi.

Selain melakukan special inspection terhadap 11 pesawat Boeing 737 - 8 MAX, Budi juga menginstruksikan kepada PLT Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk melakukan special audit kepada maskapai Lion Air berkaitan dengan Standard Operational Procedure (SOP), kualifikasi awak pesawat dan koordinasi dengan stakeholder terkait.

"Sejak beberapa hari yang lalu sudah dilakukan special audit. Berkaitan dengan SOP, kualifikasi daripada awak pesawat, dan koordinasi dengan pihak-pihak stakeholder yang lain. Dalam waktu dekat ini akan kami dapatkan laporannya," tutur Budi.(chi/jpnn)


PLT Direktur Jenderal Perhubungan Udara diminta untuk melakukan special audit kepada maskapai Lion Air berkaitan dengan Standard Operational Procedure (SOP).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News