Kemenperin Bersama Kemendag dan Kemeninves Akan Gelar TIIWG G20 di NTT

Kemenperin Bersama Kemendag dan Kemeninves Akan Gelar TIIWG G20 di NTT
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Konferensi Pers Bersama Inaugurasi G20 TIIWG secara hibrida di Jakarta, Selasa (8/2). Foto: Humas Kemenperin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemeninves/BKPM) mengadakan Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG) yang dijadwalkan berlangsung pada September di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kemenperin dan dua kementerian itu berkomitmen mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia 2022 untuk pemulihan ekonomi global melalui peningkatan peran industri, perdagangan, dan investasi.

Hal tersebut disampaikan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Mendag Muhammad Lutfi, dan Meninves/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia pada Konferensi Pers Bersama Inaugurasi G20 TIIWG secara hibrida di Jakarta, Selasa (8/2).

Penyelenggaraan G20 TIIWG yang akan dipimpin Kemendag mengusung tema Aligning Trade, Investment and Industry Agenda with Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kemendag berkomitmen mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia agar menjadi katalis pemulihan ekonomi global dengan mengedepankan kemitraan dan inklusivitas serta memberikan dampak nyata bagi masyarakat global dan nasional,'' ujar Mendag Lutfi yang merupakan penanggung jawab penyelenggaraan Side Events G20 pada 2022.

Karena itu, Kemendag bersama Kemeninves BKPM dan Kemenperin siap menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan G20 TIIWG untuk membahas upaya dan kebijakan setiap negara dalam mendesain kebijakan perdagangan.

Pertemuan ini mengangkat enam isu prioritas, yaitu WTO Reform; The Role of Multilateral Trading System to Strengthen the Achievement of Sustainable Development Goals; Trade, Investment, and Industry Response to the Pandemic and Global Health Architecture; Digital Trade and Sustainable Global Value Chains; Spurring Sustainable Investment for Global Economic Recovery; serta Inclusive and Sustainable Industrialization via Industry 4.0.

Pembahasan isu tersebut diharapkan memberikan hasil konkret melalui kesepakatan tingkat Menteri yang sejalan dengan tiga deliverables utama Presidensi G20 Indonesia.

Kemenperin bersinergi dengan Kemendag dan Kemeninves untuk menggelar Trade, Investment and Industry Working Group G20 di NTT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News