Kemenpora Dukung Pekan Pemuda Nasional yang Diselenggarakan PPI

Kemenpora Dukung Pekan Pemuda Nasional yang Diselenggarakan PPI
Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal melantik sekaligus pengukuhan Pengurus Nasional Pekan Pemuda Indonesia (PPI) periode 2019-2026. Foto : Humas Kemenpora.

jpnn.com, JAKARTA - Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal melantik sekaligus pengukuhan Pengurus Nasional Pekan Pemuda Indonesia (PPI) periode 2019-2026 di Teater Wisma Kemenpora, Selasa (15/10) sore. Adapun sebagai Ketua Nasional PPI Natalis Situmorang dan Sekjen PPI Angga Busra Lesmana.

Pelaksanaan Pekan Pemuda Nasional pertama akan digelar di kota Bandung pada tahun 2020 mendatang. Pada gelaran pertama nanti akan ada 13 cabang yang akan diperlombakan.

Untuk pelaksanan Pekan Pemuda Provinsi, Daerah Kota/ Kabupaten selanjutnya akan diatur dalam Peraturan Rumah Tangga dengan periode tiga tahun sekali.

"Dengan pelantikan ini bisa membawa arah pemuda Indonesia yang lebih baik. Kita harus buktikan PPI akan menjadi organisasi yang mewarnai segenap potensi anak muda untuk berkreativitas dan mengembangkan bakat anak muda. Semoga dengan Pekan Pemuda Nasional yang pertama nanti akan bermunculan kreativitas anak muda Indonesia," ujar Jonni.

PPI yang merupakan organisasi berhimpun para pemuda yang memiliki kreativitas nantinya, akan terus bergulir mulai dari Pekan Pemuda Nasional hingga Pekan Pemuda Provinsi dan Pekan Pemuda Kabupaten/Kota.

"Pekan Pemuda Nasional ini ibarat Pekan Olahraga Nasional (PON), dulu saat PON pertama tahun 1948 belum ada yang berebutan jadi tuan rumah tapi sekarang ini propinsi saling berebutan jadi tuan rumah PON. Begitu juga dengan Pekan Pemuda Nasional, awalnya belum ada provinsi yang tertarik jadi tuan rumah tapi nanti berapa tahun yang akan datang, Pekan Pemuda Nasional akan jadi rebutan propinsi. Dan ini akan jadi sejarah bagi PPI. Sejarah ini kita mulai dari Indonesia, " tambah Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga yang juga sebagai Pembina PPI Samsudin.

PPI adalah satu-satunya organisasi yang pengelola PPN. PPI berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan, dan mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan ajang perlombaan kreativitas pemuda di wilayah Indonesia.

"Kenapa PPI dibentuk, karena selama ini belum ada pertandingan yang mempertandingkan kreativitas pemuda secara nasional. Sama dengan di multi event olahraga, nanti yang juara di Pekan Pemuda Nasional akan mendapatkan emas, perak dan perunggu," jelasnya.

Untuk cabang kreativitas pemuda yang dipertandingkan tak lepas dari bidang seni dan budaya, bidang kreativitas, bidang teknologi dan informasi yang meliputi 13 item di antaranya, menyanyi, dance, stand up comedy, DJ, nasyid, beet box, baris-berbaris, action figure, yoyo, robotic, tamiya, remote control dan drone. (adv/jpnn)

PPI dibentuk karena selama ini belum ada pertandingan yang mempertandingkan kreativitas pemuda secara nasional.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News