Kementerian PDT Dukung Pemprov Sumbar

Tuntaskan Daerah Tertinggal

Kementerian PDT Dukung Pemprov Sumbar
Kementerian PDT Dukung Pemprov Sumbar
JAKARTA - Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemen PDT) menyambut baik terobosan baru pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang bertekad menuntaskan sejumlah nagari, desa dan jorong di sembilan kabupaten di Sumbar yang saat ini masih dalam status daerah tertinggal. "Sikap Kementerian PDT jelas, yakni menyambut baik terobosan baru yang diambil oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk menuntuskan daerah-daerah tertinggal," kata Menteri PDT Helmy Faishal Zaini, saat menerima Gubernur Irwan Prayitno bersama 9 bupati asal Sumbar, di kantor Kemen PDT, Jakarta, Jumat (3/9).

Konsekuensi dari sikap menyambut baik tersebut, kata Helmy Faishal Zaini, institusi ini segera menyusun sejumlah program pembangunan dan bersinergi dengan kementerian terkait untuk memberikan perhatian khusus terhadap daerah-daerah tertinggal di Sumbar.

"Apalagi tadi gubernur memberi batas waktu dua tahun untuk menyelesaikan daerah-daerah tertinggal dan saya lihat para bupati pun punya niat yang sama, jelas ini sebuah tantangan menarik pula bagi Kementerian PDT. Karena tantangan gubernur itulah pula maka dalam pertemuan ini saya melibatkan Sesmen PDT dan seluruh deputi serta biro terkait untuk terlibat dalam pertemuan yang sangat strategis ini," tegasnya.

Penanganan daerah dan kawasan tertinggal, lanjutnya, tidak bisa diselesaikan dengan sepihak. Sektor hulu dan hilir harus ditangani secara bersamaan sesuai dengan prinsip pembangunan yang berkeadilan dan pemerataan.

JAKARTA - Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemen PDT) menyambut baik terobosan baru pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang bertekad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News