Kerjasama Bernilai USD 3 Miliar

Kerjasama Bernilai USD 3 Miliar
Raul Castro (Kuba) dan Hugo Chavez (Venezuela). Foto: Reuters.
HAVANA - Dua negara yang dikenal dekat, Venezuela dan Kuba, baru saja menandatangani sejumlah deal kerjasama terbaru senilai hampir USD 3 miliar. Penandatanganan joint projects ini, sebagaimana diberitakan Reuters dan dikutip ABC Online, Minggu (13/12) pagi WIB, sekali lagi membuktikan kemitraan kuat antara kedua negara, baik dari segi politik maupun perdagangan.

Venezuela yang adalah anggota OPEC itu, dalam beberapa tahun belakangan memang dikenal sebagai salah satu sumber bahan baku energi dan mitra dagang vital bagi Kuba. Venezuela bahkan tercatat bisa mengekspor 98.000 barel minyak mentah per hari ke negeri Karibia yang masih kesulitan dana cash itu, lewat kesepakatan dagang yang sangat ringan.

"Kami baru menandatangani (sebanyak) 264 kontrak bernilai total USD 2,951 miliar," ungkap Presiden Venezuela Hugo Chavez, dalam sebuah pernyataan di TV setempat, sambil menambahkan bahwa sebanyak 20 kerjasama serupa juga akan ditandatangani jelang akhir tahun ini. Berdasarkan data statistik dari pemerintah Kuba, perdagangan antara kedua negara mencapai nilai USD 5,28 miliar tahun 2008 lalu, yang jelas meningkat jauh dari angka USD 945 juta pada 2003.

Kerjasama yang baru saja disepakati oleh kedua negara itu sendiri, dilaporkan antara lain berhubungan dengan bidang kesehatan, perikanan, termasuk juga proyek-proyek pendidikan dan olahraga. Lewat kerjasama itu, kedua negara juga diberitakan bakal membangun setidaknya tujuh perusahaan berkepemilikan bersama untuk produk gula, aluminium, serta di bidang industri pertanian dan transportasi.

HAVANA - Dua negara yang dikenal dekat, Venezuela dan Kuba, baru saja menandatangani sejumlah deal kerjasama terbaru senilai hampir USD 3 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News