Kerugian Akibat Kebakaran Museum Bahari Tak Ternilai

Kerugian Akibat Kebakaran Museum Bahari Tak Ternilai
Museum Bahari yang terbakar. Foto: Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebakaran yang melanda Museum Bahari, Jakarta Utara pada Selasa (16/1) kemarin tak hanya melumat Gedung C dan A, tetapi juga 100 benda koleksi museum.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Bahari, Huznizon Nizar mengatakan, pihaknya sudah merampungkan identifikasi koleksi museum yang terbakar maupun rusak akibat kebakaran.

"Ada sekitar 100 koleksi kita yang terbakar. Kerugiannya tidak ternilai," ujarnya, Rabu (17/1).

Ia merinci, bagian gedung yang terbakar meliputi Ruang Legenda Laut Internasional, Ruang Legenda Bahari Nusantara, Ruang Miniatur Perahu Tradisional dan Gudang, Ruang Alat Navigasi dan Miniatur Perahu Tradisional dan Ruang Perang Laut Jawa.

Sementara koleksi yang terbakar di antaranya perahu asli cadik Bali, perahu asli Pangandaran, perahu asli Sumatera Utara, kemudi kapal, rumah kompas, lukisan pantai dan pelabuhan, maket Pulau Onrust, maket Batavia, perahu Layar Lambo Perahu Mayang, Golekan Lete, serta buku perjalanan perang Laut Jawa.

"Kerusakan gedung berupa atap serta jendela dan pintu yang hangus terbakar," tandasnya. (dil/jpnn)


Kebakaran yang melanda Museum Bahari, Jakarta Utara pada Selasa (16/1) kemarin tak hanya melumat Gedung C dan A, tetapi juga 100 benda koleksi museum.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News