Kesalehan Ritual dan Sosial Makna dari Idul Adha

Kesalehan Ritual dan Sosial Makna dari Idul Adha
Kesalehan Ritual dan Sosial Makna dari Idul Adha
JAKARTA - Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan Idul Adha memiliki dua makna yaitu kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti dengan berkorban, kita telah melaksanakan perintah Tuhan yang bersifat transedental. Sedangkan korban sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, sekaligus mempunyai dimensi kemanusiaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pengorbanan Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putranya Ismail atas wahyu Allah, yang kemudian oleh Allah diganti dengan hewan korban harus bisa diteladani oleh bangsa ini dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika pengorbanan itu bisa diteladani maka bangsa ini menjadi bangsa yang besar karena semakin bertakwa dan memiliki kepekaa sosial yang tinggi,” ujar Irman Gusman, di sela-sela pemotongan hewan korban Idul Adha, di Mesjid As Salam, Kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Minggu (6/11).

Peristiwa kurban yang dilakukan oleh Ibrahim bisa dimaknai juga sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang hamba Allah pada sang pencipta. Pesan dan makna keteladanan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah yang Maha Kuasa, menurutnya harus bisa ditransformasikan bangsa ini kedalam aksi-aksi nyata dalam menjalankan kehidupan yang lebih baik. Berbagai persoalan bangsa ini dapat diatasi jika makna korban benar-benar terpatri dalam sanubari bangsa ini.

“Salah satu makna dalam berkurban itu adalah merelakan apa yang kita cintai demi menjalankan perintah Allah. Jangankan harta, nyawa anak yang dicintainya melebihi dirinya sendiri pun dikorbankan demi kecintaannya pada Allah. Apakah kita tidak mau mencontoh Nabi Ibrahim? Jika tidak dengan nyawa kita, paling tidak dengan harta kita atau tenaga kita membangun bangsa ini bersama,” tegasnya.

JAKARTA - Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan Idul Adha memiliki dua makna yaitu kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News