JPNN.com

Ketahui 5 Penyebab Nyeri pada Lutut dan Kiat Mencegahnya

Kamis, 25 Juli 2019 – 23:51 WIB Ketahui 5 Penyebab Nyeri pada Lutut dan Kiat Mencegahnya - JPNN.com
Menjaga kekuatan lutut. Foto: Healthline

jpnn.com - Rasa nyeri pada lutut dapat disebabkan oleh berbagai hal, yang komponen sendinya terdiri atas tulang, tendon, meniskus, dan otot. Lutut nyeri sebenarnya tidak memandang umur dan bisa terjadi akibat cedera, atau penuaan.

Pada umumnya nyeri lutut juga bisa diakibatkan oleh adanya infeksi, robeknya komponen sendi lutut, maupun berlebihnya kadar dalam darah seperti asam urat. Terjadinya kondisi ini sangat menganggu aktivitas siapa pun yang mengalaminya.

Penyebab nyeri pada lutut
Satu kondisi yang kerap mengganggu adalah ketika lutut ditekuk. Rasa nyeri akan timbul dan mengganggu aktivitas penderitanya. Penyebab dari kondisi ini bisa berbagai hal, yaitu:

1. Bursitis

Bursitis terjadi ketika kondisi suatu kantung yang disebut bursa, mengandung sedikit cairan yang berada di bawah kulit Anda, tepatnya di atas sendi. Bursa mencegah adanya gesekan antar tulang ketika sendi sedang bergerak.

Jika terjadi penggunaan berlebih pada sendi, jatuh, maupun gerakan menekuk yang berulang, bisa terjadi iritasi pada bursa lutut. Kondisi ini juga sering disebut “preacher’s knee”.

2. Dislokasi lutut

Kondisi ini ditandai tempurung lutut bergeser ke lokasi yang tidak seharusnya, sehingga menyebabkan nyeri lutut dan bengkak. Dokter biasa menyebutnya dengan kondisi dislokasi patella.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...