Kiai Sahal Rais Aam PBNU 2010 - 2015

Kiai Sahal Rais Aam PBNU 2010 - 2015
Kiai Sahal Rais Aam PBNU 2010 - 2015
MAKASAR - KH Sahal Mahfudz akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Rais Aam PB NU untuk masa bakti 2010 - 2015 di Muktamar ke 32 NU yang digelar di asrama haji Sudiang Makasar, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/3). Kiai Sahal terpilih dengan mudah setelah sebelumnya, KH Hasyim Muzadi menyatakan mundur di tengah perhitungan suara untuk menentukan syarat minimun mengajukan diri sebagai Rais Aam. Kiai Hasyim mundur pada posisi ketika dirinya mengantongi 180 suara, sementara Kiai Sahal sudah melaju di angka 272 suara.

Ditengah perhitungan suara itu, tiba-tiba Kiai Hasyim menyampaikan surat pengunduran diri lalu berjalan keluar meninggalkan ruangan. Seketika itu juga muktamirin spontan meneriaki Kiai Hasyim dengan huuu. Setelah Hasyim menyatakan tidak bersedia dicalonkan, maka muktamirin secara aklamasi memilih KH Sahal Mahfudz sebagai Rais Aam. Sebenarnya, Hasyim memenuhi syarat untuk maju sebagai Rais Aam beradu melawan Kiai Sahal, karena ia mendapatkan suara yang sudah melebih batas minimal 99 suara. Sedangkan dalam pemungutan suara awal, Hasyim sudah mengantongi 180 suara. Selain kedua calon itu, calon lain yang juga mendapatkan suara signifikan bisa maju sebagai Rais Aam adalah KH Maimun Zubair, KH Ma`ruf Amin, dan Habib Luhfi, masing-masing mengantongi 99 suara.

Setelah berhasil memilih Rais Aam, muktamar NU akan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua umum. Hingga saat ini, sidang pemilihan ketua umum masih berlangsung. Pada awal pemilihan, masing-masing perwakilan di minta maju ke depan untuk memasukkan nama calon pilihan yang akan dimajukan menjadi calon ketua umum. Dari sederet nama yang muncul, akhirnya mengerucut dua calon kuat yang selama ini sudah disebut-sebut KH SHolahudin Wahid dan KH Said Agil Siradj. Hingga berita ini diturunkan, perhitungan suara masih berlangsung. (jar/aj/jpnn)

MAKASAR - KH Sahal Mahfudz akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Rais Aam PB NU untuk masa bakti 2010 - 2015 di Muktamar ke 32 NU yang digelar


Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News